Posted by : Cak_Son Jumat, 31 Juli 2020

Film-Film yang Bercerita Tentang Potensi Anak

Hari anak Nasional tahun 2020 nampak spesial. Hal itu karena peringatan hari anak nasional di bulan Juli kali ini kebetulan bertepatan dengan "hari pengorbanan" nabi Ibrahim yang menyembelih anaknya, Ismail. Pengorbanan nabi Ibrahim yang jatuh pada tanggal 10 Dhulhijjah di tahun ini, 1441H bertepatan di bulan Juli. Anak memang istimewa yang menjadikan lahirnya hari anak nasional. Saking istimewanya, anak bahkan juga menjadi bukti pengorbanan Nabi Ibrahim.

Karena itulah, di sini saya akan mencoba memberikan beberapa film yang bercerita tentang anak-anak. Film-film lama yang tentu saja sudah pernah saya tonton ini semoga bisa diambil nilai positifnya. Meskipun film ini bercerita tentang anak namun saya belum mencari tahu apakah film-film ini bisa ditonton bersama anak anak. Namun yang jelas, di film-film yang akan saya sebutkan ini menunjukan setiap anak punya potensi dan keunggulannya masing-masing. Sekali lagi saya tegaskan bahwa saya hanya ingin mengatakan di sini terkait film yang bercerita tentang anak, yang belum tentu itu film anak-anak. Jelas ya.

Langsung saja, berikut film-film yang bercerita tentang anak:
1. Taare Zameen Par
Film jni mampu menyuguhkan potret pendidikan dasar yang memang sepertinya banyak guru yang "kurang mampu" berhadapan dengan anak-anak di sekolah dasar, atau paling tidak banyak guru yang datang ke sekolah hanya sebatas memenuhi tugas mengajar saja. Mungkin karena hal ini pula sebaiknya dana hibah Kemendikbud yang "sebesar" gajah, kijang, dll itu lebih baik digunakan untuk setimulus pendidikan dasar kita yang masih kurang baik.

Sudut pandang pengarang juga benar-benar diluar dugaan, misalnya pola tulisan anak yang sebenarnya bisa dibaca. Keluarga bahkan teman-temannya tidak bisa menjangkau tulisannya dan hanya satu guru saja yang bisa menjangkaunya. Lagi-lagi di sini menunjukkan bahwa guru sekolah dasar harus bermain psikologis, tanpa itu, alias hanya "sekedar" mengajar, maka anak-anaklah yang justru menjadi "korban pendidikan". Untuk selanjutnya, mending silahkan langsung tonton saja..

2. Love, Bread and Dream
Kali ini bukan film, tapi drama Korea. Yang penggemar drakor langsung mbatin, "Hmmm, drama jadul, sudah pernah nonton kalo ini".
Dulu sya nonton drama asli negara Korea ini saat tayang di Indosiar. Drama ini saya melihat cukup keren karena memperlihatkan kemampuan anak dalam urusan enak tidaknya roti hanya dengan penciumannya saja. Anak ini bisa tau roti yang paling enak hanyak dengan indra penciuman. Tentu saja ada "nilai sainsnya" terkait perubahan "bau roti" yang disuguhkan dalam drama ini.

3. Avatar
Khusus yang ketiga ini saya tidak mau panjang lebar. Intinya film yang sudah banyak pengembangan ini bercerita tentang anak yang mampu mengendalikan semua elemen; api, tanah, air maupun udara.
Hanya saja karena sudah ada banyak pengembangan dari film Avatar ini maka cerita yang disuguhkan pun menjadi lebih variasi. Silahkan didownload sendiri saja film-film tentang Avatarnya dan ingat ya, ada banyak, yang penting jika ada kata Avatar, maka itulah film-film yang bercerita tentang anak yang mampu mengendalikan elemen tersebut. 
Demikian, edisi berbagi film yang bercerita tentang anak yang sudah lama saya tonton tersebut. Dan sekali lagi mohon maaf karena tidak ada film yang baru, karena memang saya juga belum nonton film yang baru juga. Bagi yang tahu film-film tentang anak terbaru yang bagus juga silahkan bisa berbagi di kolom komentar ya, jangan sungkan-sungkanlah pokoknya. 
Salam Anak Bangsa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Tayangan Halaman

Popular Post

- Copyright © MBB -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -