Selasa, 04 Oktober 2016

LAPORAN HASIL PENELITIAN PKL (Praktek Kerja Lapangan Arobiyah Li al-Hajj)




DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN ..........................................................................................  2
KATA PENGANTAR .......................................................................................................  3
ABSTRAK .........................................................................................................................  4
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................. 5
A.    Latar Belakang .......................................................................................................  5
B.     Rumusan Masalah ...................................................................................................  6
C.     Tujuan Penelitian ....................................................................................................  7
D.    Manfaat Penelitian................................................................................................... 7
E.     Hipotesis .................................................................................................................  7
F.      Ruang Lingkup Penelitian....................................................................................... 7
G.    Definisi Operasional ...............................................................................................  6
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................................... 9
A.    Pengertian Markeing ...............................................................................................  9
B.     Pengertian Marketing Mix ......................................................................................  9
C.     Konsep Marketing Mix ...........................................................................................  11
BAB III METODE PENELITIAN ...................................................................................  15
A.    Jenis Penelitian .......................................................................................................  15
B.     Lokasi Penelitian ....................................................................................................  15
C.     Data dan Sumber ....................................................................................................  15
D.    Prosedur Pengumpulan Data ..................................................................................  15
E.     Analisis Data ..........................................................................................................  16
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................................................  18
BAB V PENUTUP ............................................................................................................  26
A.    Simpulan .................................................................................................................  26
B.     Saran .......................................................................................................................  26
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................  27
LAMPIRAN-LAMPIRAN ................................................................................................  28




HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Individu Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Tours & Travel telah di seminarkan pada 5 Maret 2015. Laporan ini telah diterima sebagai syarat kelulusan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Strata 1 (S1) UIN Malulana Malik Ibrahim Malang.
Malang, 5 Maret 2015


Dosen Pembimbing Lapangan                                             Ketua Kelompok


M.                                                                         Muhammad 


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini tepat pada waktunya yang mana laporan ini dibuat untuk mengetahui kemampuan penulis setelah mengikuti Praktek Kerja Lapangan selama kurang lebih 1 ½ bulan dimulai pada tanggal 02 Januari 2015 s/d 16 Februari 2015 di PT. TOUR & TRAVEL. Laporan ini dibuat berdasarkan data dan informasi serta pengetahuan yang diperoleh selama penulis mengikuti PKL, baik dari pengetahuan teori maupun praktek.
Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut membantu dalam muyusun lapran ini, antara lain kepada:
1. Bapak H., SE selaku pimpinan di PT. TOUR & TRAVEL,
2. H. Achmad  selaku supervisor di PT. TOUR & TRAVEL,
3. Seluruh karyawan PT. TOUR & TRAVEL,
4. M, MA selaku dosen pembimbing lapangan (DPL),
5. Seluruh Dosen dan Staff di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,
6. Teman-teman satu kelompok PKL serta seluruh pihak yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Kami sebagai penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan masih ada banyak hal yang merupakan suatu kekurangan yang mungkin saat ini belum dapat kami sempurnakan, maka dari itu dengan penuh keikhlasan penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang mana bertujuan untuk menjadi suatu pelengkap laporan ini di masa yang akan datang.
Kami berharap semoga laporan ini berguna dan mendatangkan banyak manfaat bagi para pembacanya. Karena dengan membaca saja itu merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi penulis. Semoga dengan adanya laporan ini para pembaca lebih terpacu untuk lebih mengembangkan potensi diri yang ada. Jazakumullah Khairan Katsiro Jazakumullah Ahsanal Jaza’.
                                                                                    Malang, 27 Februari 2015                                                                                                      
Muhammad 
ABSTRAK
Pengaruh Model Marketing Mix Terhadap Jumlah Jamaah PT. .  
Dalam persaingan dibidang jasa perjalanan haji dan umrah semakin ketat seiring dengan bertambahnya jumlah PT. Travel, maka pemasaran / marketing adalah bagian terpenting dalam membantu perusahaan lebih maju dan bercitra internasional. Dari sinilah maka strategi marketing menjadi penting untuk diperhatikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model marketing mix terhadap jumlah jamaah PT. Tours & Travel dengan menggabungkan jenis penelitian lapangan dan penelitian pustaka ini sumber data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, wawancara.
Dari hasil analisis data yang telah diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan lokasi (location) yang dilakukan oleh PT. Surabaya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah serta loyalitas jamaah. Hal ini bisa dibuktikan dengan data resmi PT. yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, terlebih pada awal tahun 2015 yang mana jumlah jamaah yang meng sub dan menjadi agen tentu lebih banyak.
Dengan 4P yang dilakukan oleh PT. selalu menjadikan citra perusahaannya malah menjadi bagus dan terihat profesional serta memikat pelanggan dari berbagai jamaah, baik kelas eklusif ataupun biasa.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Haji dan Umrah merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan atas setiap muslim yang mampu. Kewajiban ini merupakan rukun islam yang kelima. Haji pada hakikatnya merupakan sarana media bagi umat Islam untuk melaksanakan Ibadah haji, umrah dan ziarah ke Baitullah Makkah al-Mukaramah dan Madinah Al-Munawwarah setiap tahun.
Melihat Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam, maka pelayanan / jasa pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah menjadi salah satu pekerjaan yang mempunyai prospek baik kedepannya, terlebih jasa pelayanan Umrah sendiri setelah quata dan antrian haji sudah semakin panjang dan harus menunggu lama sehingga tidak menutup kemungkinan banyak orang berpindah ke ibadah Umrah untuk mengganti ibadah haji karena keterbatasan waktu, fisik, dll belum lagi banyak yang merencanakan Umrah sebagai momen untuk introspeksi, berlibur, istirahat dari pekerjaan, dll.
Hingga akhir tahun 2014, biro perjalanan haji dan umrah semakin marak berdiri di mana-mana, dengan begitu cepat perkembangan jangkaunnya ke berbagai wilayah perkotaan hingga pedesaan, cabang dibuka di seluruh kota untuk memaksimalkan jumlah jamaah.
Perusahaan travel haji dan umrah menjadi prospektif untuk dikembangkan seiring peraturan pemerintah pusat dalam antrian nomor pendaftaran kursi haji yang sangat lama antara 7-8 tahun lamanya untuk haji plus dan 13-15 tahun untuk haji reguler. Oleh karena itu, umrah menjadi alternatif bagi mereka yang dalam situasi khusus misalnya lanjut usia, atau pun karena faktor lainnya. Haji dan umrah sendiri didefinisikan sebagai suatu serangkaian ibadah khusus yang menjadi kewajiban bagi yang mampu melaksanakannya, baik secara dzohir maupun batin. (http://www.bkiwtour.com/)
Persaingan yang sangat ketat diberbagai bidang pekerjaan membuat manusia yang terlibat di dalamnya ingin memberikan yang terbaik bagi orang lain, mulai dari pelayanan hingga manajerial marketing guna mengikat calon jamaah, terlebih travel adalah perusahaan yang menyangkut hal-hal terkait jasa atau pun pelayanan.
PT. di bawah pimpinan H., SE merupakan salah satu perusahaan dibidang jasa pelayanan haji dan umrah yang sudah didirikan dan beroprasi sejak mendapat izin resmi departemen agama pada tahun 2004 di Surabaya yang jamaahnya dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan. Berikut ini jumlah jamaah terhitung dari tahun 2011 hingga februari 2015[1];
Tahun
Jumlah Jamaah
2011
525
2012
532
2013
738
2014
729
Januari 2015
125
Februari 2015
90

Untuk menciptakan loyalitas jamaah tersebut, perlu kiranya memiliki suatu strategi pemasaran dalam memasarkan produknya (paket haji dan umrah, pengurusan visa tour, tiket domestik, dll) karena strategi pemasaran juga merupakan alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dalam mengembangkan kunggulan bersaing yang digunakan untuk melayani pasar sasaran (Tull & Kahle, 1990). Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah marketing mix. Marketing mix merupakan variabel terkendali (controllable) yang dapat digunakan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju.
Dalam penelitian ini mengambil fokus pengaruh marketing mix terhadap peningkatan jamaah PT. . Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dan menyajikan dalam karya ilmiah dengan judul “Pengaruh Model Marketing Mix Terhadap Loyalitas dan Peningkatan Jamaah PT. .
B.     Rumusan Masalah
Apa pengaruh model marketing mix terhadap jumlah jamaah PT. .

C.    Tujuan Penelitian
Mengetahui apa pengaruh model marketing mix terhadap jumlah jamaah PT. .
D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat baik secara langsung atau pun tidak langsung keberbagai pihak, meliputi;
1.      Perusahaan yang diteliti
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan saran yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam pelaksanaan proses pengabilan keputusan yang menyangkut kualitas manajerial marketing terhadap jumlah jamaah PT.  di masa yang akan datang.
2.      Akademik
Penelitian ini memberikan informasi baru sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang dunia bisnis perjalanan Haji dan Umrah, terutama mengenai ilmu menajemen pemasaran dalam hal pengaruh model marketing terhadap jumlah jamaah pada PT. .
E.     Hipotesis
Dalam penelitian ini peneliti menduga adanya pengaruh yang cukup besar terhadap model marketing yang dilakukan oleh PT. .
F.     Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini hanya berkutat pada pemasaran (marketing mix) yang dilakukan pada PT.  serta mencoba mengatikan bauran pemasaran yang ada.
G.    Definisi Operasional
1.      Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapat perhatian, penggunaan serta dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan ( Kotlet, Bowen Makens 1996;276)
2.      Merek adalah nama atau symbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap dan atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah produk tertentu, dengan demikian membedakannya dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan pesaing ( Kotler and browen )
3.      Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio).
4.      Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. ( Philip Kotler )
5.      Advertising (Periklanan) Suatu promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui. ( Philip Kotler )
6.      Definisi Promosi penjualan adalah serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu. (institute of sales promotion in England).

BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini termasuk penggabungan antar penelitian lapangan dan peneitian pustaka. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif yang menggunakan metode kualitatif. Metode deskriptif dapat diartikan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian ini juga sering disebut non eksperimen, karena pada penelitian ini tidak melakukan kontrol dan manipulasi variabel penelitian. (West, 1982).
B.     Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian di PT. yang berpusat di City of Tomorrow Mall – blok GS 9/16, Surabaya, Jawa Timur. Kemudian juga di tiga Mall yang dipakai untuk pameran haji dan umrah yaitu Grand City, Royal Plaza, City of Tomorrow.
C.    Data dan Sumber
Data dan sumber penelitian ini dengan berpartisipasi langsung di bagian penulis ditempatkan oleh perusahaan serta membantu pelaksanaan tugas-tugas karyawan terlebih di bidang marketing lain-lain. Selain itu, selama dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, penulis juga berusaha mendapatkan data untuk kelengkapan laporan akhir penelitian ini dengan cara melakukan serangkaian wawancara kepada pihak PT. Tour & Travel Surabaya serta pengumpulan data-data yang dimiliki oleh perusahaan terkait dengan topik penulisan laporan akhir ini.
D.    Prosedur Pengumpulan Data
Dalam penyusunan penelitian ini penulis menggumpulkan data dengan menggunakan penelitian lapangan (field Reseacrh), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan, tempat dimana objek penelitian itu berada, sebagai pengambilan datanya dalam penelitian lapangan adalah dengan metode:
a.       Observasi
Metode observasi adalah metode yang dilakukan penulis dalam mengambil data-data di lapangan. Observasi bisa diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematika fenomena-fenomena yang diselidiki[1]. Dalam penelitian ini, penulis mencatat kegiatan hanya pada proses pendaftaran dan administrasi. Hasil observasi ini dijadikan tambahan analisis.
b.      Interview
Interview yaitu teknik pengumpulan data dengan cara tanya jawab sepihak yang dikerjakan dengan sistematika dan berdasarkan pada tujuan penelitian. Adapun interiew yang penulis gunakan adalah interview bebas terpimpin, maksudnya dalam menyampaikan interview dengan maksud meminta jawaban dengan bebas dan terbuka. Dengan menggunakan jenis interview ini bertujuan untuk mudah dipahami oleh individu secara langsung, sehingga dapat menghasilkan data dan informasi yang memuaskan. Interview dilakukan secara langsung dengan mewawancarai responden baik dari Pimpinan travel mulai dari Direktur Utama, Supervisor, karyawan PT.  dan juga 2 (dua) calon agen jama’ah haji dan umroh di travel .
c.       Dokumentasi
Menurut Hasanusi Soleh, metode dokumentasi adalah metode untuk mencari data mengenai variabel-variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, notulen, agenda, dan lainnya[2]. Sedangkan menurut Winarno Surahmad, pengertian dokumentasi adalah laporan tertulis dari suatu peristiwa yang isinya terdiri atas penjelasan dari pemikiran terhadap peristiwa dan oleh penulis dengan sengaja untuk disimpan atau meneruskan keterangan mengenai peristiwa tersebut[3]. Dalam hal ini, penulis menggunakan brosur dan jadwal kegiatan umroh Januari  2015- Februari 2015.
E.     Analisis Data
Setelah data penulis peroleh melalui dokmentasi, observasi dan wawancara, selanjutnya penulis mengolahnya dengan menggunakan metode Content Analisys yaitu menganalisa dan menguraikan secara jelas dan utuh hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada yaitu sesuai dengan judul penelitian penulis, yang telah diuraikan perumusan dan pembatasan masalahnya yaitu mengenai seberapa jauh pengaruh marketing mix terhadap peningkaan jumlah jamaah. Untuk memperkuat analisis, penulis juga membandingkan dengan informasi yang diberikan oleh informan.
Kemudian setelah metode penelitian ini ditempuh, penulis selanjutnya membuat kesimpulan dengan pendekatan metode induktif yaitu menyimpulkan kesimpulan dari yang bersifat khusus ke umum. 

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam Undang-undang No. 17 Tahun 1999 tentang penyelenggaraan ibadah haji diisyarakatkan tiga hal yang harus diupayakan secara konsisten dan terus-menerus oleh pemerintah, dalam hal ini Departemen Agama sebagai penyelenggaraan ibadah haji, yaitu Pertama, pembinaan yang mencakup bimbingan, penyuluhan dan penerangan. Kedua, Pelayanan yang terdiri dari pelayanan administrasi, transportasi, kesehatan, akomodasi, dan sebagainya. Ketiga, perlindungan yang meliputi keselamatan, keamanan serta asuransi perlindungan dari pihak lain yang merugikan jama’ah haji.[1]
Keberadaan travel haji dan umroh sebagai lembaga bagi masyarakat muslim Indonesia dalam menunaikan ibadah umroh, sungguh telah memberikan andil yang cukup besar. Di samping jama’ah haji regular yang dikelola oleh pemerintah, juga PIHK merupakan pilihan bagi kelompok masyarakat muslim yang ingin dan mengharapkan layanan lebih, dengan berbagai tawaran fasilitas yang menarik, juga harganya pun jauh lebih besar dibanding BPIH regular, dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 6.000 USD.
Perkembangan dunia usaha pada saat ini begitu pesatnya sehingga menyebabkan persaingan antar perusahaan semakin ketat. Untuk itu berbagai usaha dilakukan perusahaan agar dapat bertahan di tengah-tengah persaingan tersebut. Dengan demikian setiap perusahaan akan selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang potensial untuk memenangkan persaingan tersebut. Perkembangan pemasaran pada saat ini dapat dikategori kan berada dalam persaingan yang saling menekan antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, terlebih lagi bagi perusahaan yang mempunyai kesamaan dalam produk.
Dan hal ini disadari betul oleh PT.  dimana ketatnya persaingan di bidang jasa perjalanan haji dan umrah menjadikan perusahaan harus bekerja keras untuk dapat memenangkan persaingan. Produk pesaing yang beredar di pasaran antara lain progam umrah promo, umrah plus tour Turki, Yodania, Mesir, Dubai, Abudabi, haji plus serta masih banyak produk pesaing yang lain. Dengan berbagai ragam bentuk progam, harga, pelayanan dan hotel yang berbeda-beda akan memberikan pilihan kepada masyarakat sebagai konsumen dalam menentukan keputusan memilih jasa yang akan dipakai. Keadaan tersebut memperlihatkan adanya persaingan yang cukup ketat dalam pemasaran tours & travel haji dan umrah oleh masing-masing perusahaan. Persaingan yang timbul dalam menggaet jamaah dimungkinkan dapat ditemukan oleh kejelian masing-masing perusahaan dengan menerapkan strategi pemasaran yang jitu dan tidak mudah diikuti oleh perusahaan lain. Dan suatu perusahaan akan mampu bertahan apabila barang atau jasa yang dihasilkan dapat memberikan kepuasan kepada para jamaah.
Untuk mendapatkan pangsa pasar yang potensial dan sukses memenangkan persaingan tersebut. PT.  pun menjalankan kegiatan pemasaran dengan menggunakan variabel produk, harga, promosi dan distribusi yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran (marketing mix). Dimana implementasi dari kegiatan marketing mix yang dilakukan oleh PT. ini dapat dilihat dalam tampilan serta content-kontent yang disuguhkan dalam situs web resminya yaitu: http://al.blogspot.com/2012/12/program-terbaik-al-madinah-aci.html  
Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan pengimplementasian kegiatan pemasaran marketing mix yang dilakukan oleh PT sehingga dapat diketahui seberapa jauh dampak terhadap peningkatan jamaah. Adapun poin dari markting mix meliputi 4, yaitu produk, harga, promosi, dan tempat.
- Product (produk)
Berbagai produk yang ditawarkan oleh PT. mulai dari progam haji plus, progam umrah, umrah plus tour Dubai, tour Turki, Palestina, Yordania, Mesir, Turki dan Abudabi, voucher hotel, tiket, koper dan peralatan umrah.
- Price (harga)
Harga progam haji plus terdapat dua paket, paket A dengan harga Biaya progam ini adalah USD 8.700 untuk empat orang/kamar, USD 8.750 untuk tiga orang/kamar, dan USD 8.800 untuk dua orang/kamar. Adapun yang membedakan hanyalah fasilitas hotel sedangkan lamanya haji sama yaitu 24 hari.
Harga umrah regular. Produk umrah yang ditawarkan ada dua; progam umrah reguler dan progam umrah plus.[2]
a.      Progam Umrah Reguler
1.      Paket 9 Hari Hemat. Paket ini jamaah hanya melakukan umrah selama 9 hari (3 hari di Madinah dengan memakai hotel  Al Eiman Taibah dan 4 hari di Makkah dengan menggunakan hotel Dar Al Eiman Grand).
Biaya progam ini adalah USD 2.200 untuk empat orang/kamar, USD 2.250 untuk tiga orang/kamar, dan USD 2.300 untuk dua orang/kamar.
2.      Paket 13 Hari Hemat. Paket ini jamaah juga hanya melakukan umrah selama 13 hari (3 hari di Madinah dengan memakai hotel Al Eiman Taibah dan 8 hari di Makkah dengan menggunakan hotel Dar Al Eiman Grand).
Biaya progam ini adalah USD 2.300 untuk empat orang/kamar, USD 2.400 untuk tiga orang/kamar, dan USD 2.550 untuk dua orang/kamar.
3.      Paket 10 hari + Tour Dubai Hemat. Paket ini jamaah melakukan umrah dan tour ke Dubai. (3 hari di Madinah dengan hotel Al Eiman Taibah, 3 hari di Makkah dengan hotel Dar Al Eiman Grand, 1 hari di  Jeddah dengan hotel Read Sea dan 1 hari di Dubai dengan hotel Millenium).
Biaya progam ini adalah USD 2.575 untuk empat orang/kamar, USD 2.675 untuk tiga orang/kamar, dan USD 2.750 untuk dua orang/kamar.
b.      Progam umrah plus
1.      10 hari + Tour Dubai VIP. Paket ini jamaah melakukan umrah dan tour ke Dubai. (3 hari di Madinah dengan hotel Al Haram, 3 hari di Makkah dengan hotel Royal Dar Eiman, 1 hari di  Jeddah dengan hotel Read Sea dan 1 hari di Dubai dengan hotel Millenium).
Biaya progam ini adalah USD 2.900 untuk empat orang/kamar, USD 3.000 untuk tiga orang/kamar, dan USD 3.100 untuk dua orang/kamar.
2.      13 hari Stay Dubai + Abudabi. Paket ini jamaah melakukan umrah dan tour ke Dubai dan Abudabi. (3 hari di Madinah dengan hotel Al Haram, 3 hari di Makkah dengan hotel Royal Dar Eiman, 1 hari di  Jeddah dengan hotel Read Sea dan 3 hari di Dubai dengan hotel Arabian Park).
Biaya progam ini adalah USD 3.300 untuk empat orang/kamar, USD 3.375 untuk tiga orang/kamar, dan USD 3.450 untuk dua orang/kamar.
3.      13 hari Stay Dubai + Turky. Paket ini jamaah melakukan umrah dan tour ke Dubai dan Turki. (3 hari di Madinah dengan hotel Al Haram, 3 hari di Makkah dengan hotel Royal Dar Eiman, 1 hari di  Jeddah dengan hotel Read Sea dan 2 hari di Turki dengan hotel Holiday Inn).
Biaya progam ini adalah USD 3.500 untuk empat orang/kamar, USD 3.550 untuk tiga orang/kamar, dan USD 3.600 untuk dua orang/kamar.
4.      13 hari Stay Yordania + Masjid Aqsa. Paket ini jamaah melakukan umrah dan tour ke Yodania dan Masjidil Aqsa Palestina. (3 hari di Madinah dengan hotel Al Haram, 3 hari di Makkah dengan hotel Royal Dar Eiman, 1 hari di  Jeddah dengan hotel Read Sea dan 2 hari di Yordania dengan hotel Holiday Inn).
Biaya progam ini adalah USD 3.500 untuk empat orang/kamar, USD 3.550 untuk tiga orang/kamar, dan USD 3.600 untuk dua orang/kamar.
c.       Progam Umroh Edisi Promo Khusus Pameran
Khusus progam ini salah satu promo dengan penerbangan Surabaya langsung menuju Madinah dengan menggunakan Saudia Airlines, adapun pilihan progamnya meliputi:
1.      Progam 10 Hari. Paket ini jamaah melakukan umrah selama 10 hari (4 hari di Madinah dengan memakai hotel Al Eiman Taibah dan 4 hari di Makkah dengan menggunakan hotel Dar Al Eiman Grand).
Biaya progam ini adalah USD 2.300 untuk empat orang/kamar, USD 2.350 untuk tiga orasng/kamar, dan USD 2.400 untuk dua orang/kamar.
2.      Progam 13 Hari. Paket ini jamaah melakukan umrah selama 13 hari (4 hari di Madinah dengan memakai hotel Al Eiman Taibah dan 7 hari di Makkah dengan menggunakan hotel Dar Al Eiman Grand).
Biaya progam ini adalah USD 2.400 untuk empat orang/kamar, USD 2.500 untuk tiga orang/kamar, dan USD 2.650 untuk dua orang/kamar.
3.      Progam 13 Hari Ramadhan Awal. Paket ini jamaah melakukan umrah selama 13 hari (4 hari di Madinah dengan memakai hotel Al Eiman Taibah dan 7 hari di Makkah dengan menggunakan hotel Dar Al Eiman Grand).
Biaya progam ini adalah USD 2.700 untuk empat orang/kamar, USD 2.800 untuk tiga orang/kamar, dan USD 3.000 untuk dua orang/kamar.

Semua progam memiliki keuntungan:
1.      Fasilitas Pesawat memakai Emirates Airlines langsung menuju Madinah dan tidak dilai sehingga hemat 9 jam, kabin mewah, aman, Airlines bintang 5 (VVIP CLASS) dan pelayanan crew yang memuaskan.
2.      Fasilitas Hotel sesuai pilihan paket (hemat, VIP, VVIP).
3.      City tour Dubai: 1. Burj Dubai, 2. Burj Khalifah, 3. Gold Souk, 4. Dance Fountain, 5. Palm Jumarah (Monoral) dan Desert Safari dan F1 Abudai
4.      City tour Turkey: 1. Blue Mosque, 2. Hagia Sophia, 3. Hippodrome, 4. Topkapi Palace, 5. Bosporus Cruise, 6. Taksim Square, 7. Grand Bazaar.
5.      City tour Masjidil Aqsa + Yordania: 1. Masjidil Aqsa, 2. Dome of he Rock, 3. Makam Nabi Ibrahim, 4. Laut Mati, 5. Gua Ashabul Kahfi, 6. Petra.
Harga Sudah Termasuk:
1.      Tiket pesawat ekonomi (SBY-JKT-JED PP)
2.      Makan 3x sehari menu Indonesia
3.      Hotel Berbintang
4.      Manasik
5.      Perlengkapan Ibadah: koper, tas serbaguna, seraam, kain ikhram, buku do’a, zam-zam 10 liter.
6.      Visa umrah
7.      Transprtasi ziarah dengan bus AC
Harga Tidak Termasuk:
1.      Pengurusan Paspor dan Tambah Nama
2.      Airport Tax Hadling Rp. 1.200.000,-
3.      Pengurusan Visa Cairo Rp. 500.000,-
Visa Turki Dubai Rp. 1.000.000,-
4.      Surat Muhrim untuk Wanita Rp. 400.000,-
5.      Biaya Vaksin Meningitis & Influenza
6.      Biaya Lain-Lain yang Sifatnya pribadi dan diluar dari Progam
Tiket Garuda dengan $50 atau setara 500.000,-650.000,-
Tiket pesawat agen Emirates kelas VVIP CLASS.
Koper dengan harga 300.000,-
- Place (Tempat, Termasuk juga Distribusi)
Setelah kantor pusat diresmikan berdiri setelah mendapat izin pendirian PT.  oleh kementrian agama pada tahun 2004 di Mall City of Tomorrow Surabaya, sebuah tempat yang strategis mengingat berada di Mall pusat perkumpulan orang banyak, pada tahun yang sama langsung didirikan banyak cabang diberbaai kota besar, dimulai di Bojonegoro tempat kelahiran direktur utama, kemudian di Malang, Jombang, dan Semarang, selain itu juga masih banyak cabang lagi yang tidak tecantum di dalam Brosur.
- Promotion (Promosi)
Promosi yang digunakan oleh PT.  termasuk menjangkau kalangan eklusif dan masyarakat biasa, promosi tersebut dilakukan meliputi:
1.      Surat Kabar
Surat kabar ini menjadi tempat yang tepat untuk medium promosi karena hampir semua instansi pemerintah atau pun lembaga suasta, toko, warung nongkrong, dll semuanya berlangganan surat kabar.
2.      Radio Suara Surabaya
Radio Suara Surabaya dipilih sebagai media promosi karena selain pancaran sinyalnya begitu luas dan mudah ditemukan juga konten acaranya seimbang diberbagai kalangan, khususnya dalam update informasi Surabaya. 
3.      Internet (Blog)
Internet menjadi suatu keharusan untuk promosi karena dizaman globalisasi sekarang ini menjadi penting mengingat saat ini semua pengguna internet sudah mencakup semua kalangan bahkan anak-anak sekalipun. 
4.      Pameran
Pameran menjadi medium promosi karena dampaknya terhadap presepsi eksistensi dan citra perusahaan oleh jamaah sangat banyak. Pameran ini biasanya dilakukan 3 bulan 1 kali. Tempat pameran pun menjadi bahan pertimbangan tersendiri jika ingin ikut serta mendafar pameran.
Selama PKL kami mengamati pameran di tiga Mall besar di Surabaya, yaitu (Grand City Mall, Royal Plaza Mall, City of Tomorrow Mall) dan kami juga diminta membantu kembali nanti tangggal 25 Februari 2015 pameran haji dan umrah yang bertempat di Mall Olimpic Garden (MOG).
5.      Jamaah: Agen, Loyalitas: dari mulut ke mulut.
Dalam urusan jasa, tentunya peran jamaah menjadi sangat penting untuk membumikan perusahaan. Oleh karena itu, jamaah yang sudah pernah ikut bergabung dan mempercayakan haji dan umrahnya kepada jamaah maka akan ditawari sebagai agen dengan imbalan yang menarik, selain itu service selalu maksimalkan demi mewujudkan loyalitas jamaah sehingga berdampak positif dikalangan masyarakat terhadap citra perusahaan.
Adapun data resmi dari perusahaan menggambarkan bahwa dari tahun-ketahun terdapat peningkatan yang cukup signifikan terlebih pada awal tahun 2015. Berikut adalah jumlah total jamaah dari tahun 2011 sampai dengan Februari 2015[3]:

Tahun
Jumlah Jamaah
2011
525
2012
532
2013
738
2014
729
Januari 2015
125
Februari 2015
90

Dari sini jelas bahwasanya marketing mix yang sudah dilakukan dari tahun ketahun terus meningkatkan jumlah jamaah.
Model marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga ( price), promosi (promotion) dan lokasi (location) yang dilakukan oleh PT.  Surabaya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah serta loyalitas jamaah. Hal ini bisa dibuktikan dengan data resmi PT.  yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, terlebih pada awal tahun 2015 yang mana jumlah jamaah yang meng sub dan menjadi agen tentu lebih banyak.
Dengan 4P yang dilakukan oleh PT.  selalu menjadikan citra perusahaannya malah menjadi bagus dan terihat profesional serta memikat pelanggan dari berbagai jamaah, baik kelas eklusif ataupun biasa.


BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil analisis data yang telah diperoleh dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model marketing mix yang terdiri dari produk (product), harga ( price), promosi (promotion) dan lokasi (location) yang dilakukan oleh PT.  Surabaya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah serta loyalitas jamaah. Hal ini bisa dibuktikan dengan data resmi PT.  yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan, terlebih pada awal tahun 2015 yang mana jumlah jamaah yang meng sub dan menjadi agen tentu lebih banyak.
Dengan 4P yang dilakukan oleh PT. selalu menjadikan citra perusahaannya malah menjadi bagus dan terihat profesional serta memikat pelanggan dari berbagai jamaah, baik kelas eklusif ataupun biasa.    
B.     Saran
Belajar dari pengalaman yang ada dan melihat kreatifitas serta peluang yang ada, akan lebih baik jika mahasiswa tidak difokuskan hanya untuk praktek dibidang travel karena dari prakteknya justru lebih diarahkan ke arah wawasan pengurusan administrasi dan marketing dan hanya sedikit yang menyentuh di sub-sub yang mengeluarkan bahasa Arab.
Oleh karena itu, kreatifitas dibidang bisnis tanpa melupakan kebahasaannya masih perlu di tingkatkan, misalnya dengan pembuatan video perjalanan selama umrah dan tour denganmenggunakan bahasa Arab, media manasik dengan bahasa Arab, dll yang sekiranya cukup mengaplikasikan kebahasaannya.



[1] Taufik Kamil (Dirjen BIMAS Islam dan Penyelenggaraan Haji, disajikan dalam seminar haji di Jakarta/B-1), “BPIH dari Tahun ke Tahun, Faktual atau Komersil”, (Media Indonesia, edisi Selasa, 9 Juli 2002).
[2] Brosur Haji dan Umrah PT.  (Surabaya, Januari 2015), dan di update pada 10 Februari 2015. 
[3] Dokumen PT.  Surabaya.



[1] Sutrisno Hadi, Metode Research, (Yogyakarta: Andi Offset, 1997), h. 82.
[2] Hasanusi Soleh, Metodologi Riset, (Jakarta: Widya Swara, 1993), h.94.
[3] Winarno Surahmad, Metodologi Riset, ( Bandung: Tarsito, 1989), h. 13.




[1] Dokumen PT. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar